Informasi lengkap Propolis : Manfaat | Efek Samping | Harga | Kegunaan | Merk Propolis

Efek Samping Propolis

Share on :
Efek Samping Propolis sering dipertanyakan. Sesungguhnya tidak ada  Efek Samping Propolis, yang ada efek balik (tindak balas) karena propolis sedang bekerja dalam tubuh kita.

Tanpa Efek Samping

Propolis adalah 100% zat alami yang di dalamnya terdapat antibiotik alami bebas racun yang efektif untuk melawan bakteri, jamur dan virus tanpa efek samping.  Namun dalam penggunaannya, propolis kadang bisa menimbulkan Tindak Balas. Tindak Balas adalah pengaruh positif yang disebabkan karena adanya aksi-reaksi di dalam tubuh yang menandakan propolis sedang bekerja. Tindak Balas bersifat sementara dan biasanya masih berhubungan dengan jenis penyakit yang diderita. Oleh karena itu pergunakan dari dosis yang terendah.

Lain halnya dengan zat yang terkandung di dalam obat syntetic (buatan) yaitu yang terstruktur kimianya dibuat mirip dengan zat alami aslinya. Obat syntetic ini dapat diproduksi dalam jumlah banyak sehingga harganya murah, namun obat syntetic dapat mengakibatkan efek samping. Efek samping adalah pengaruh negatif yang bersifat sementara atau permanen dan biasanya tidak berhubungan dengan penyakit yang diderita.

Komentar Para Pakar mengenai Efek Samping Propolis
  1. Penelitian seorang dokter dari Uni Soviet telah membuktikan bahwa propolis dapat mencegah terjadinya luka dan bisul yang bernanah di dalam lambung dan mempercepat proses penyembuhan. Tidak ada efek samping propolis secara negatif yang ada adalah pencegahan luka dan bisul.
  2.  Di Klosternerberg Hospital, Australia dr. Franz K. Feiks melakukan tes propolis pada pasien dengan luka yang terdapat pada lambung dan usus dua belas jari, satu kelompok diberikan pengobatan standar dan kelompok lain diberikan ekstrak propolis 5% dalam air, tiga kali sehari sebelum makan. Semua kelompok yang diberikan propolis rasa sakitnya hilang dalam tiga hari, tetapi hanya sepuluh dari kelompok yang tidak diberikan propolis rasa sakitnya hilang dalam waktu yang dapat dideteksi 6 dari 10 orang pasien yang menggunakan propolis. Jadi tidak ada efek samping propolis yang ada adalah menghilangkan rasa sakit secara cepat.
  3. Dr. Feiks juga menggunakan propolis sebagai pengganti dari pengobatan konvensional terhadap 189 dari 294 dari pasien. 90% dari 189 pasiennya terbebas dari penyakit dalam waktu dua minggu. Dalam sebuah simposium di Yugoslavia, Dr. Franz K. Feiks melaporkan 21 kasus luka dalam yang dibalut dengan larutan propolis dalam waktu 48 jam luka itu sembuh bahkan 19 dari pasien tersebut bekas lukanya sembuh total. Penelitian ini membuktikan tidak ada efek samping propolis. 
  4. Dr. Jhon Grae, Dept. Mikrobiologi, Institute Nasional Jantung dan Paru-paru, London. Menyatakan ekstrak etanol dari propolis dapat mendorong pembelahan sel atau regenerasi jaringan ikat (penghubung), tulang rawan dan tulan. Oleh karena itu propolis sangat cocok untuk penyembuhan penyakit arthritis atau radang sendi dan rheumatik. Sekali lagi, penelitian ini membuktikan tidak ada efek samping propolis.
  5. Dokter-dokter di Chechoslovakia mencampur propolis dengan alkohol untuk mensterilkan tangan mereka dan pasien selama perawatan berlangsung. Dan dipergunakan untuk penyakit kulit. Tidak ada efek samping propolis dalam hal ini.
  6. Sister Carole : Saya telah memberikan propolis untuk pasien yang menderita Alzheimer dan hasilnya sangat luar biasa. Sekali lagi, tidak ada efek samping propolis dalam hal ini.

Jadi apakah ada efek samping propolis ? Jawabannya adalah tidak ada efek samping dari pemakaian propolis.

Baca lebih lanjut mengenai Manfaat atau Kegunaan Propolis di sini !

Artikel ini membahas Efek Samping Propolis